Cara Cerdas Memilih Kredit Kendaraan Bermotor yang Bersahabat

Foto spektruder

Semakin banyaknya jumlah kendaraan saat ini, tidak lepas dari makin maraknya kendaraan bermotor kredit yang ditawarkan oleh berbagai pihak penyedia kredit atau pinjaman jenis ini. Walaupun mungkin terkesan akan memanjakan sikap konsumtif yang dimiliki oleh sebagian orang, ternyata kita juga memanfaatkan pinjaman jenis ini untuk hal yang positif. Asalkan ketika memilih penyedia kredit jenis ini, kita bisa melakukannya secara cerdas dan juga selektif, maka hal positif tersebut bisa anda dapatkan.

Hal tersebut harus kita lakukan karena tidak semua penyedia pinjaman ini memberikan hasil positif sebagaimana ketika pertama kali mereka menawarkan kredit kendaraan bermotor kepada anda. Sebagai seorang debitur, anda dituntut harus dapat dengan cermat memilih mana penyedia kredit yang baik dan bersahabat bagi anda. Bersahabat disini dalam artian, tidak memberatkan anda di kemudian hari. Adapun beberapa cara cerdas yang harus anda perhatikan yang dikutip dari blog.duitpintar.com adalah sebagai berikut:

• Memilih kredit yang menawarkan suku bunga dan nominal angsuran sesuai dengan kemampuan bulanan anda,
• Pilihlah kredit dengan uang muka yang besar namun cicilan ringan daripada uang muka yang kecil namun nantinya anda akan terbebani dengan angsuran yang memberatkan,
• Mengajukan proses kredit tepat ketika ada masa promosi ataupun diskon tertentu, sehingga anda dapat mengurangi beban belanja yang harus anda keluarkan,
• Tidak mudah terbujuk dengan kata-kata manis dari sales penjualan atau marketing, yang pada dasarnya mereka hanya mengejar target semata tanpa memperhitungkan kemampuan anda.

Pada dasarnya semua keputusan yang dilakukan untuk mendapatkan kredit jenis ini, tergantung dari bagaimana perhitungan anda. Perhitungan terkait kredit kendaraan bermotor ini bisa mengenai harga total keseluruhan kendaraan tersebut, kemampuan ekonomi anda atau lamanya tenor pembayaran cicilan. Dengan perhitungan yang tepat, tentu saja pinjaman yang anda lakukan akan membawa hal positif bagi anda.

Saat anda telah menjatuhkan pilihan kepada sebuah penyedia kredit jenis ini, maka ada baiknya anda juga harus mencermati tentang ketentuan-ketentuan yang mengatur tentang hak dan kewajiban yang anda miliki. Karena bisa saja penyedia kredit membuat kontrak atau perjanjian yang bisa memberatkan kita suatu saat nanti sebagai pihak yang mengajukan kredit kendaraan bermotor ini. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa dapatkan informasinya di website duitpintar selengkapnya.